Blog News, Blogging Talk, Blogging Tips

Tips untuk Membuat Pengunjung Berada Lebih Lama di Blogmu

Tips untuk Membuat Pengunjung Berada Lebih Lama di Blogmu

Setiap blogger pasti ingin blognya dibaca dan dinikmati oleh para pengunjung. Tapi sayangnya, pengunjung blog biasanya adalah type yang sangat pemilih. Kalau si pengunjung tidak benar-benar suka dengan blog tertentu, ia tidak akan mau berlama-lama berada di blog tersebut. Sebaliknya, jika ia sudah sangat mengidolakan sebuah blog, ia akan menghabiskan banyak waktu setiap hari untuk mengeksplor blog yang ia sukai. Si pengunjung tidak hanya membaca semua postingan yang ada di blog tersebut satu persatu, tetapi ia juga setia menanti postingan terbaru dari blog favoritnya itu.

Nah, agar blogmu juga menjadi salah satu blog yang diidolakan oleh pengunjung (paling tidak si pengunjung tidak mengklik tanda close saat baru saja 5 menit membuka blogmu), kamu harus memiliki konten yang unik, menarik, dan bermanfaat. Intinya kamu harus sudah siap dengan isi yang berkualitas sebelum kamu berharap blogmu menjadi idola. Kamu bisa membaca tips untuk menulis konten yang banyak dicari oleh pengunjung.

Setelah tahap pertama berhasil kamu lakukan, kini saatnya kamu harus memikirkan cara agar pengunjung blogmu berada lebih lama di blogmu. Untuk itu ikuti saja beberapa tips di bawah ini

1. Install plugin related post

Bagi pengguna WordPress, plugin ini akan menampilkan postingan lain yang terkait dengan postingan yang sedang dibaca oleh pengunjungmu saat ini. Dengan plugin ini para pengunjung akan mendapatkan pilihan lain yang masih berhubungan dengan hal yang mereka cari. Cara ini lumayan berperan untuk membuat mereka menghabiskan waktu lebih lama di blogmu.

2. Menampilkan link postingan secara acak di sidebar blog


Tampilkan link beberapa judul postingan lamamu di sidebar blog agar konten lamamu tidak tenggelam dimakan waktu. Selain itu, pengunjung juga akan mendapatkan lebih banyak konten yang kalau tidak ditampilkan mungkin mereka tidak akan tau tentang postingan-postingan tersebut. Cara untuk menampilkan link ke postingan lama secara acak di sidebar blog bisa di baca di postingan ini.

3. Link ke postingan lama

Selalu tambahkan link ke postingan lama yang berkaitan dengan postingan yang sedang kamu buat saat ini. Cara ini sering kali berhasil untuk membuat pengunjung blogmu membuka link tersebut. Alasannya ya karena sudah pasti postingan tersebut akan membahas tentang hal yang masih ada hubungannya dengan artikel yang sedang ia baca saat ini.

4. Sediakan halaman arsip blog

Halaman ini bisa diibaratkan sebagai daftar isi yang memuat semua judul postingan yang ada di blogmu. Di halaman ini pengunjung bisa melihat-lihat keseluruhan isi dari sebuah blog. Setelah itu bisa saja ia tertarik pada beberapa judul. Hal ini akan memberikan peluang agar postingan-postinganmu lebih banyak dibaca. Kalau tidak ada arsip, biasanya pengunjung malas mengklik link older post satu persatu untuk melihat-lihat postingan lama.

5. Berikan navigasi ke postingan lama dengan format angka. Bukan dengan format older post/ previous page

Cara ini akan memudahkan pengunjung blogmu untuk loncat dari halaman satu ke halaman berapapun yang ia inginkan. Sama seperti halaman yang ada pada buku. Pembaca bisa loncat ke halaman 5 atau halaman 27 sesuai dengan yang ia inginkan. Untuk membuat navigasi halaman blog, kamu bisa menginstall plugin WP-PageNavi. Dan saya rasa engine lainpun juga bisa menambahkan fitur ini di blognya.

6. Tambahkan gambar atau foto

Pada kenyataannya masih banyak pengunjung yang malas membaca dan lebih tertarik melihat foto di blog yang ia kunjungi. Kamu bisa membuat pengunjung blogmu menghabiskan waktu lebih lama di blog dengan cara memberikan foto-foto yang menarik dan berkaitan dengan konten blogmu. Tips mempercantik blog dengan menambahkan gambar di setiap postingan bisa dibaca di sini.

7. Navigasi dan menu yang jelas

Tampilkan navigasi/ menu yang jelas dan mudah terlihat, dengan begitu pengunjung tau harus mengklik apa sesuai dengan kebutuhannya.

8. Template yang rapi dan unik

Siapapun pasti senang dengan pemandangan yang rapi dan indah. Hal itu juga berlaku pada sebuah blog. Kalau blog tersebut memiliki design yang unik dan rapi, pengunjung pasti akan betah berlama-lama di blog itu. Kamu bisa membaca artikel ini untuk mengetahui bagaimana karakteristik template blog yang baik.

Oke, sekarang kamu tau apa yang harus dilakukan. Selamat mencoba!

Avatar

About Rinie

Here I'm trying to share about blogging world for everyone, especially for fellow female blogger. Enjoy :)
View all posts by Rinie →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *