Blogging Talk

Perbedaan Niche Blog dan Personal Blog

Buat saya blog ini sudah memberikan warna baru bagi kegiatan blogging saya. Saya bilang begitu karena di blog ini saya mendapat pengalaman menulis artikel yang bukan self centered lagi, tetapi sudah ditujukan untuk para pengunjung blog.

Dulu ketika ngeblog di personal blog, saya tidak peduli apakah pengunjung akan senang dengan tulisan saya atau tidak karena memang tujuan awalnya adalah hanya untuk diri sendiri. Jadi saya tidak pernah memikirkan apakah tulisan yang saya buat akan bermanfaat bagi orang lain semasih saya enjoy menulis.

Saya mulai ngeblog di bulan Januari 2018, dan saya ngeblog tentang diri sendiri kurang lebih selama tujuh tahun di blog tersebut. Dari sana saya mendapat banyak sekali pelajaran berharga.

Karena genre blog saya yang terdahulu adalah personal blog, jadi sudah bisa ditebak isi postingannya ya tidak jauh dari kehidupan sehari-hari saya dan curhatan saya yang mungkin tidak memberikan benefit apa-apa bagi pengunjung yang datang.

Tetapi setelah sekian lama ngeblog, ternyata saya sadar bahwa blog dengan type personalpun bisa memberikan banyak sekali manfaat yang positif bagi diri sendiri maupun bagi pembaca blog. Walaupun sepintas kalau dipikir-pikir siapa sih yang peduli dengan apa yang kita lakukan dan siapa juga yang tertarik sama hewan peliharaan kita? Tetapi ternyata dari blog personallah seseorang bisa belajar dari pengalaman orang lain tanpa harus mengalaminya terlebih dahulu. Apalagi jika blog tersebut menggunakan gaya penulisan yang unik dan asik. Tambah yahud deh pokoknya.

Jadi selain berguna untuk perenungan dan self theraphy, personal blog juga berguna kok bagi orang lain.

Tetapi karena saya merasa setelah menikah saya tidak mempunyai kehidupan yang menarik lagi untuk dishare ke pembaca blog (siapa juga yang tertarik membaca postingan tentang kegiatan bersih-bersih di rumah), akhirnya sayapun memutuskan untuk membuat blog ini.

Di blog ini, saya mendapat pengalaman baru yang belum pernah saya rasakan ketika saya ngeblog di personal blog.

Di sinilah saya bisa merasakan perbedaan antara ngeblog di personal blog dan ngeblog di blog yang memiliki tema khusus alias niche blog.

Untuk itu saya akan membuat beberapa kesimpulan tentang perbedaan dari kedua type blog tersebut.

Personal Blog

  • Berisi curhatan dan kegiatan sehari-hari si penulis
  • Lebih self center
  • Topik postingan beragam dan kadang acak-acakan
  • Sangat bermanfaat bagi diri sendiri karena di blog personal seorang blogger bisa merekam segala momen yang terjadi dalam hidupnya. And you know what? Akan terasa sangat menyenangkan jika di masa depan kita bisa membaca kembali setiap memori yang tertulis di blog.
  • Blog type ini tidak perlu terlalu banyak planning. Yah, ketika ada ide langsung bisa ditulis. Maksud saya, kita kan pasti selalu mengalami suatu kejadian setiap hari, jadi hal tersebut bisa langsung dituangkan ke dalam tulisan tanpa harus menunggu waktu yang tepat untuk menulis. Jadi dengan kata lain, tidak akan pernah ada yang namanya kehabisan ide. Ide postingan bersumber dari apa yang kita alami dan apa yang kita rasakan setiap saat.
  • Type blog ini tidak membatasi kreativitas kita dalam satu topik saja. Apapun yang ada di pikiran kita bisa langsung kita tulis tanpa memikirkan apakah itu akan relevan dengan blog kita. Terserah mau menulis apa saja, yang penting enjoy.

Niche Blog

  • Lebih mengutamakan pengunjung blog karena biasanya blog type ini bertujuan untuk memberikan informasi khusus bagi orang lain.
  • Tulisan lebih terarah karena hanya mengusung suatu topik tertentu.
  • Audien juga terarah, karena yang mengunjungi blog pasti rata-rata memiliki minat yang sama sesuai dengan topik yang dibahas di blog.
  • Memerlukan planning yang matang, seperti mengumpulkan ide postingan, menentukan jadwal terbit postingan agar beraturan, membuat scheduled post, dll.
  • Si penulis bisa menjadi expert/ ahli di mata pembaca dalam bidang yang ia bahas di blog.
  • Sering kehabisan ide, jadi harus terus brainstorming dan mencari inspirasi agar bisa membuat postingan baru yang sesuai dengan topik blog.

Menurut saya, tidak ada yang lebih bagus di antara dua type blog di atas karena keduanya memberikan manfaat yang sama dan seimbang. Hanya saja, sekarang tergantung kitanya sendiri. Harus diingat apa tujuan kita membuat blog, dan apakah kita enjoy dengan blog kita. Buatlah blog yang sesuai dengan kondisi tersebut.

Saya yakin apapun jenis blognya, semuanya pasti akan memberikan manfaat bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Just do what you love!

Avatar

About Rinie

Here I'm trying to share about blogging world for everyone, especially for fellow female blogger. Enjoy :)
View all posts by Rinie →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *