Blogging Talk

Kekurangan dan Kelebihan Menggunakan Hosting dan Domain Sendiri

Kekurangan dan Kelebihan Menggunakan Hosting dan Domain Sendiri

Bagi yang ingin lebih serius ngeblog, memiliki web hosting dan domain sendiri adalah salah satu hal yang harus mulai dipikirkan. Banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan jika kita menggunakan hosting dan domain sendiri. Tapi postingan ini tidak akan hanya membahas keuntungannya saja, tetapi juga akan membahas kekurangannya juga. Jadi kamu bisa mempertimbangkan apakah blogmu sudah siap untuk lebih ‘mandiri’.

Keuntungan:

  • Blog jadi terlihat lebih profesional karena tidak menggunakan alamat domain gratisan seperti lalala.blogspot.com
  • Alamat blog jadi lebih mudah diingat karena URLnya lebih pendek.
  • Kita mendapat lebih banyak fitur seperti plugin, template dan fitur-fitur tambahan lainnya yang tidak bisa didapatkan di blog gratisan.
  • Kita lebih leluasa untuk memodifikasi blog. Blog gratisan bersifat terbatas dengan settingan yang standar, sedangkan kalau blogmu menggunakan hosting sendiri, maka kamu bisa memodifikasi blogmu sesuai dengan yang kamu inginkan.
  • Domain pribadi biasanya lebih mudah dideteksi oleh mesin pencari ketimbang sub domain seperti lilili.wordpress.com. Jadi mungkin akan sedikit mempengaruhi trafik blog juga.
  • Blog beserta dengan isinya akan sepenuhnya menjadi milik kita. bukan milik Google, WordPress atau siapapun. Jadi tidak perlu cemas jika suatu saat nanti blog akan hilang semasih kita tidak pernah telat membayar hosting dan rajin membackup blog.

Sedangkan kekurangannya adalah:

  • Kita harus mengeluarkan budget untuk menyewa domain dan hosting. Biasanya biaya ini dibayarkan setiap bulan (khusus untuk hosting) atau pertahun (domain dan hosting).
  • Kita harus desiplin membayar tagihan tersebut. Jika terlambat maka blog kita akan disuspend atau bahkan akan dihapus jika tiga kali berturut-turut tidak membayar hosting.
  • Kita harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pihak penyedia hosting.
  • Kita harus rajin membackup blog untuk jaga-jaga jika suatu saat nanti server hostingan down, rusak, atau diserang hacker.

Oke. Sekarang kamu bisa menentukan apakah blogmu sudah siap untuk menggunakan hosting dan domain sendiri. Saranku sih investasikan saja 150.000 untuk membeli hosting dan domain, toh juga keuntungannya lebih banyak. Selain itu ada kebanggaan dan kepuasan tersendiri jika memiliki domain sendiri. Tips untuk memilih nama domain bisa kamu baca di postingan ini.

Avatar

About Rinie

Here I'm trying to share about blogging world for everyone, especially for fellow female blogger. Enjoy :)
View all posts by Rinie →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *